Wajib Tahu, WhatsApp Bakal Hapus Chat yang Nggak Di-Back Up!

19 September 2018

Sekarang chatting udah jadi media utama buat berkomunikasi. Nggak heran kalau aplikasi buat chatting sangat bermacam-macam. Nah, ada kabar terbaru nih buat kamu yang sehari-hari chatting pakai WhatsApp. Mulai November nanti, kamu wajib back up chat penting, Mizzi. Kenapa nih? Kabarnya, WhatsApp bakal menghapus chat yang nggak di-back up penggunanya!

Penyebabnya Google

Mungkin kamu belum tahu, selama ini semua data-datamu yang ada di WhatsApp ternyata disimpan dalam penyimpanan Google Drive. Nah, sekarang Google membuat kebijakan baru buat WhatsApp. Back up data-data dalam WhatsApp rencananya nggak bakal pakai layanan Google Drive lagi.

Kenapa bisa begitu? 

Ternyata, foto-foto dan file yang berasal dari akun WhatsApp milikmu akan langsung ditampung Google Drive. Jadi kebayang, kan, berapa banyak jumlah file yang ada kalo jumlah pengguna WhatsApp sekarang aja ada 1,5 miliar orang? Pasti file-file yang entah terpakai atau nggak ini bakal menumpuk di server Google.

Semua file akan terhapus

Nah, ini nih berita buruknya. Jadi, kalau kamu nggak segera melakukan back up pada WhatsApp, file yang ada pada Google Drive bakal terhapus. Memang nggak semua, cuma buat file-file yang sudah ada setahun lebih di WhatsApp milikmu. Tapi kalo kamu suka menyimpan chat-chat lama, jelas kamu bakal kesulitan karena peraturan baru ini.

Cuma berlaku di Android

Mungkin ini kabar baik buat kamu pengguna Apple atau sistem operasi Macintosh. Penghapusan chat ini ternyata cuma berlaku di Android. Kok gitu? Ini dikarenakan Android sendiri merupakan anak perusahaan Google, jadi peraturannya pun mengikuti. Selain itu, back up Apple sudah langsung tersimpan dalam iCloud.

Mulai dijalankan bulan November

Seperti yang udah disebutkan tadi, peraturan ini bakal berlaku mulai bulan November. Tepatnya pada tanggal 12 November 2018. Mulai tanggal tersebut, chat yang tidak di-back up akan terhapus secara otomatis. Jadi, kalo Mizzi nggak mau pesan dan file lain dalam WhatsApp terhapus, buruan lakukan back up ya!

Bagaimana cara back up WhatsApp?             

Oke, sekarang kita masuk ke pertanyaan pentingnya, nih. Bagaimana cara back up WhatsApp? Pada mulanya, back up memang dilakukan secara otomatis. Tapi, karena ada peraturan ini, mau nggak mau kamu harus melakukan back up secara manual. Sayangnya, banyak yang belum tahu cara melakukan back up manual ini.

Kalau Mizzi termasuk salah satunya, nggak perlu khawatir. Kamu bisa simak caranya di bawah ini:

  1. Pastikan kamu punya sebuah akun Google dulu ya, Mizzi. Kamu juga harus sudah install aplikasi Google Drive di dalam smartphone.
  2. Biar paket datamu nggak terkuras habis, sebisa mungkin gunakan Wi-Fi. Ini karena kemungkinan jumlah file yang harus di-back up akan banyak.
  3. Setelah semua sudah siap, kembali ke aplikasi WhatsApp.
  4. Masuk ke Menu (berupa tanda tiga titik) dan pilih opsi Setting atau Setelan.
  5. Dari situ, kamu bisa masuk ke pilihan Chatting lalu pilih Chat Back Up atau Cadangan Chat.
  6. Setelah kamu memilih Back Up atau Cadangkan, maka file yang ada di akun WhatsApp milikmu akan tersimpan ke Google Drive.

Gampang banget, kan? Oh ya, kalau Mizzi nggak pakai Wi-Fi, usahakan punya kuota yang cukup ya! Tanpa kuota yang cukup, file-file yang di-back up nggak bakalan tersimpan dengan sempurna.

 

Nah, itu dia update terbaru soal WhatsApp. Pastikan untuk segera melakukan back up supaya file-file pentingmu nggak terhapus ya, Mizzi!          

Get Izzi Get Together!                  

Website Security Test