Tetap Tenang dan Fokus Selesaikan Deadline Menumpuk dengan 5 Cara Ini

19 March 2019

Sebagai remaja aktif, kamu pasti punya kesibukan yang menggunung. Nggak cuma aktivitas seperti ekstrakurikuler dan les, tapi juga tugas-tugas dari sekolah yang seperti nggak ada habisnya. Alhasil, kamu jadi kejar-kejaran dengan deadline.
Kalau sudah begini, kamu dituntut untuk tetap tenang dan fokus agar semua deadline kamu bisa selesai. Memang cukup sulit, sih, apalagi kalau kamu sudah keburu panik. Stay calm, Mizzi, kamu cuma perlu melakukan beberapa tips berikut ini!

Buat daftar tugas untuk tentukan prioritas
Saat deadline menumpuk, kepala rasanya jadi gampang pusing karena kepikiran seabrek tugas yang menunggu buat dikerjakan. Coba, deh, tulis seluruh tugas atau hal yang harus kamu kerjakan menjadi sebuah daftar. Dari sini, kamu bisa tahu tugas mana saja yang harus diprioritaskan untuk diselesaikan duluan. Dengan begini, kamu bakal terhindar dari tugas-tugas yang menumpuk dan “tercecer”.

Tentukan deadline lebih cepat dari tanggal seharusnya
Nah, saat membuat daftar prioritas tugas, jangan lupa untuk menentukan deadline dari masing-masing tugas tersebut. Namun, sebaiknya deadline yang kamu buat ini lebih cepat dari deadline seharusnya. Misalnya, kamu punya tugas makalah biologi yang harus dikumpulkan pada 31 Maret.
Nah, pada daftar prioritas yang kamu buat, tuliskan deadline beberapa hari sebelumnya, misalnya 25 Maret. Jadi, kamu masih punya sisa waktu yang cukup untuk mengecek kembali tugasmu dan memastikan tugas tersebut sudah sesuai ketentuan yang diberikan guru kamu.

Terapkan teknik pomodoro
“Nonton film dulu, deh. Satu jam lagi baru ngerjain tugas.”
Mizzi, siapa di antara kalian yang suka seperti itu saat harus mengerjakan tugas? Menunda-nunda pekerjaan memang jadi salah satu “penyakit” yang bisa menghambat kamu untuk menyelesaikan tugas. Yuk, tetap jaga konsentrasi kamu dengan menerapkan teknik pomodoro. Kamu cuma membutuhkan alarm atau stopwatch untuk ini. Teknik pomodoro mengharuskan kamu untuk bekerja selama 15 menit penuh secara fokus, lalu istirahat selama 5 menit. Begitu terus sampai tugas kamu selesai.

Dengarkan musik instrumental untuk stay fokus
Agar konsentrasi belajar bisa lebih maksimal, jangan lupa juga nyalakan musik dalam volume yang wajar. Tapi jangan pilih musik yang “keras”, ya. Sebaiknya pilihlah musik instrumental karena musik jenis ini dipercaya bisa membantu kamu untuk fokus. Beberapa rekomendasi yang bisa kamu dengarkan adalah My Favorite Things karya Joey Alexander, Moonlight Sonata karya Beethoven, dan Kiss the Rain karya Yiruma.

Stay Fresh!
Gak hanya pikiran kamu yang harus “dijaga” supaya bisa tetap konsentrasi mengerjakan tugas. Tubuh yang fresh dengan aroma yang menyegarkan juga penting untuk menjaga mood kamu tetap oke. Tenang aja Mizzi, kamu bisa Instant Fresh dengan Izzi Pocket EDC yang kemasannya praktis banget, bisa kamu bawa juga dalam kantong baju atau tas kamu. Kapanpun kamu butuh bisa langsung semprot, dengan pilihan wangi sparkling fruity floral dan tropical fruit, Izzi Pocket EDC juga bisa untuk 250x spray loh!

Semoga tips-tips di atas bisa membantu kamu untuk menyelesaikan tumpukan deadline dengan tepat waktu, ya!

#GetIzziGetLove #IzziPocketEDC #ReadyAnytimeAnywhere #InstantFresh #InstantPeDe #InstantAdmiration

Website Security Test