Mulai Bisnis Sejak Masih Sekolah? Why Not!

23 April 2019

Punya passion di bidang entrepreneur? Nggak ada salahnya untuk mencoba menekuninya sejak kamu duduk di bangku sekolah. Menjalankan bisnis mengharuskan kamu untuk berinteraksi dengan banyak orang. Akan tetapi, jika dimulai sejak masih dini, nggak menutup kemungkinan kamu bisa sukses di usia yang masih muda dengan banyak pengalaman bisnis.

Minta izin dan dukungan dari orang tua
Sebagai anak yang berbakti, Mizzi tentu harus meminta izin dan dukungan dari kedua orang tua sebelum memulai bisnis. Jangan ragu untuk menyampaikan niat bisnis yang dijalankan tersebut, misalnya untuk menambah uang saku atau sekadar menyalurkan hobi. Terlihat sepele, namun jika kamu tidak punya alasan yang tepat, maka orang tua juga akan sulit memberi izin dan dukungan karena takut kamu justru sibuk berbisnis dan sulit membagi waktu untuk belajar.

Belajar mengatur waktu dengan bijak
Nah, sebagai pelajar, tentu tugas utama yang harus dikerjakan adalah belajar. Kalau kamu sudah tertarik untuk memulai bisnis sejak masih sekolah, pastikan untuk bisa mengatur waktu dengan bijak. Hal ini penting agar pendidikan dan bisnis bisa berjalan beriringan tanpa perlu mengorbankan salah satunya. Cara terbaik mengatur waktu adalah dengan membuat jadwal harian rutin, sehingga tidak ada kegiatan penting yang terlewatkan begitu saja.

Memulai dengan modal kecil
Saat ini mungkin kamu belum punya cukup banyak pengalaman dan modal untuk merintis bisnis. Untuk itu, sebaiknya mulai dengan usaha kecil-kecilan saja. Misalnya, berjualan makanan ringan, poster selebritis K-pop, maupun jasa desain grafis kalau kamu punya skill di bidang tersebut. Bisnis kecil-kecilan ini juga minim risiko kerugian, sehingga kamu bisa dengan mudah menjalankan usaha tersebut sambil tetap mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Sekolah tetap jadi prioritas utama
Ingat, meski bisnis sudah berkembang pesat nanti, prioritas utama yang harus kamu dahulukan adalah sekolah. Untuk itu, pilih ide bisnis yang tidak membebani sehingga aktivitas belajar nggak terganggu. Jangan sampai kamu justru mengabaikan kewajiban di sekolah karena terlalu asyik dan sibuk mengurus bisnis tersebut.

Manfaatkan lingkungan sekitar untuk pemasaran
Status pelajar yang kamu pegang saat ini justru bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk memasarkan produk atau jasa bisnis, lho! Kamu bisa menawarkannya pada orang-orang terdekat, mulai dari keluarga, tetangga, teman-teman, hingga guru-guru di sekolah. Pastikan produk bisnis yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan mereka, ya! Biar tetap percaya diri saat menawarkan produk, jangan lupa semprot IZZI Pocket EDC lebih dulu. Wangi segar dari IZZI bisa bikin kamu instant fresh , instant PeDe, instant admiration saat berhadapan dengan konsumen kamu!

Ajak besties untuk bisnis bareng!
Mizzi, nggak ada salahnya buat menjalankan bisnis bareng besties. Pastinya bisnis akan berjalan lebih seru dan menyenangkan. Tapi sebaiknya selalu diskusikan jalannya bisnis dengan baik supaya kamu dan besties nggak salah paham. Sebelum memulai bisnis bareng besties, ajak mereka untuk menyatukan visi dan misi biar kalian tetap bisa akur selama berbisnis.

Memulai bisnis sejak masih sekolah ternyata nggak sulit, kan? Mizzi bisa memilih ide bisnis yang sesuai dengan passion dan modal yang dimiliki. Karena masih tergolong pemula, sebaiknya tetapkan pencapaian bukan hanya sekadar uang, tetapi juga pengalaman berharga yang berfungsi di masa depan ketika kamu nanti terjun ke dunia bisnis sesungguhnya. Jadi, bisnis apa yang bakal Mizzi mulai dalam waktu dekat ini?

#GetIzziGetLove #IzziPocketEDC #ReadyAnytimeAnywhere #InstantFresh #InstantPeDe #InstantAdmiration

Website Security Test