4 Cara Menghadapi Ujian dan Tes Mendadak di Sekolah

15 April 2019

“Hari ini kita ujian, ya.”
Namanya juga sekolah, pasti akan ada saat di mana kamu harus menghadapi ujian atau tes mendadak dari guru kamu. Kalau sudah begini, biasanya kamu jadi merasa susah untuk berpikir jernih. Ujian biasa aja udah cukup membuat pusing, apalagi ujian yang tiba-tiba seperti ini?
Tenang aja, Mizzi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa tetap tenang dan mendapatkan hasil baik saat harus melalui ujian atau tes mendadak di sekolah.

Jangan biarkan panik menguasai kamu!
Siapa yang nggak langsung merasa panik dan bingung saat guru kamu mengumumkan ujian mendadak? Wajar kok kalau merasakan hal tersebut. Namun, jangan biarkan rasa panik menguasai kamu hingga membuatmu susah berpikir jernih. Coba tarik napas dalam-dalam, lalu keluarkan perlahan agar kamu bisa merasa lebih rileks. Dengan begini, kamu pun bisa mencoba untuk berkonsentrasi penuh. Pikirkan langkah-langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan.

Baca materi dengan teknik skimming, serap garis besarnya
Saat ujian mendadak di sekolah, biasanya guru akan memberikan waktu selama beberapa menit untuk mempelajari materi yang akan diujikan. Ini adalah kesempatan kamu untuk kembali mengingat materi-materi yang pernah diberikan guru kamu. Buka kembali buku pelajaran dan berbagai catatan yang pernah kamu tulis. Kalau perlu, kamu bisa tukar catatan dengan besties untuk saling melengkapi materi.
Namun, kamu nggak perlu membaca seluruh materi tersebut secara mendetail, Mizzi. Terapkan saja teknik skimming sehingga kamu bisa menyerap inti atau garis besar dari materi yang kamu pelajari. Cara ini tentu bisa sangat menghemat waktu kamu agar ada lebih banyak materi yang terserap sebelum ujian mendadak dimulai.

Gimana kalau kamu justru jadi nge-blank?
Kamu sudah mencoba belajar dan memahami materi dalam waktu singkat, tapi gimana kalau saat ujian kamu justru nge-blank? Hal ini memang wajar banget, sih. Ingat, Mizzi, manusia memiliki tiga bagian otak, yaitu otak mamalia, reptil, dan neokorteks.
Nah, saat kamu merasa tertekan, bagian yang paling aktif adalah otak reptil. Fungsinya adalah mengatur denyut jantung, pernapasan, dan reaksi insting saat kamu merasa terancam. Sementara itu, saat kamu belajar, segala materi dan informasi tersimpan di otak neokorteks. Jelas aja kamu merasa blank saat ujian mendadak karena otak reptil yang mengambil alih karena kamu merasa tegang.
Untuk mengatasinya, mau nggak mau kamu harus menenangkan diri. Pejamkan mata sejenak dan duduklah dalam posisi yang menurutmu paling nyaman. Tarik napas, lalu keluarkan pelan-pelan. Kalau perlu, pijit-pijit juga bagian antara ibu jari dan telunjuk untuk membantumu merasa lebih rileks.

Tuangkan pikiran dalam bentuk tulisan
Saat kamu nge-blank, rasanya otak bakal lebih susah untuk diajak berpikir. Untuk itu, kamu bisa mencoba menuliskan hal-hal penting yang berkaitan dengan soal ujian. Misalnya, rumus tenses Bahasa Inggris, rumus trigonometri, atau bagian-bagian dari suatu tumbuhan. Lalu, kembangkan hal-hal yang kamu tulis ini untuk “memancing” otak kamu. Jangan lupa tetap tenang agar kamu bisa berkonsentrasi maksimal dalam mengingat materi-materi yang sudah kamu pelajari.
Menghadapi ujian atau tes mendadak di sekolah memang nggak mudah, Mizzi. Namun, bukan berarti kamu nggak bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kok. Kuncinya adalah tetap tenang dan coba terapkan berbagai tips di atas. Jangan lupa juga berdoa agar kamu bisa melalui ujian dengan lancar. Good luck!

 #GetIzziGetLove #IzziPocketEDC #ReadyAnytimeAnywhere #InstantFresh #InstantPeDe #InstantAdmiration

Website Security Test