Ini 4 Hal yang Hanya Bisa Kamu Temui Jika Sahabatmu Berasal dari Ragam Ras dan Budaya Berbeda

21 August 2018

Setiap tahunnya, di bulan Agustus tanggal 12 diperingati sebagai Youth International Day. Nah, tahun ini, peringatan yang dicetuskan oleh PBB ini mengangkat tema Safe Spaces for Youth. Sebagai bagian dari anak muda, kamu dan besties bisa ikutan merayakan moment spesial tersebut, nih. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah teman baru.

Menambah teman baru, terutama dengan mereka yang berasal dari ragam ras dan budaya yang berbeda, jelas suatu hal yang seru. Bahkan nggak cuma seru, bakal banyak hal lain juga yang bisa kamu dapatkan kalau sahabatmu berasal dari ragam ras dan budaya berbeda. Apa aja ya kira-kira? Yuk, cari tau lewat tulisan di bawah ini!

Mengenalkan multikulturalisme

Keuntungan utama dari memiliki sahabat yang berasal dari ras dan budaya yang berbeda adalah multikulturalisme. Bersahabat dengan mereka yang berasal dari ras dan budaya berbeda akan membuat Mizzi sadar bahwa di dunia ini terdapat beragam perbedaan, nggak cuma dari segi ras dan budaya, tetapi juga tentang keyakinan dan pola pikir.

Memahami perbedaan tidak kemudian membuat kamu merasa lebih tinggi dari ras atau budaya lain. Perbedaan harusnya membuatmu mengerti kalau pada dasarnya manusia itu sama. Coba lihat temanmu yang berasal dari ras dan budaya yang berbeda. Mereka tetap bisa belajar dan bermain sepertimu kan, Mizzi?

Mengajarkan toleransi

Saat memahami perbedaan, otomatis kamu juga bakal memahami toleransi. Bersahabat dengan mereka yang memiliki ras dan budaya berbeda bisa bikin kamu mengerti beberapa hal yang mungkin asing bagimu. Contohnya, ketika kamu bersahabat dengan orang beragama Hindu, kamu bakal tahu kalau ternyata mereka dilarang makan daging sapi. Jadi, saat hang out bareng, kamu bisa bertoleransi untuk nggak makan di tempat makan yang menyajikan menu daging sapi.

Toleransi ini baik banget buat kamu, Mizzi. Dengan toleransi, kamu bakal lebih siap untuk menghadapi era globalisasi. Soalnya globalisasi akan menuntut kamu untuk lebih sering berinteraksi dengan beragam orang dari beragam latar belakang. Jadi, bersahabat dengan teman yang memiliki ras dan budaya berbeda adalah sebuah “latihan” yang baik untuk menghadapi globalisasi.

Menambah pengetahuan baru

Saat memiliki sahabat dari beragam jenis ras dan budaya, pengetahuan dan pengalaman baru akan kamu dapatkan. Kamu bakal mempelajari tentang dunia mereka, lingkungan yang ada di sekitar, sistem kepercayaan yang mereka anut, dan hal lain yang mungkin asing bagimu. Ini jelas lebih baik dibanding saat kamu belajar di sekolah atau lewat textbook.

Nggak cuma itu, memiliki sahabat dari ras dan budaya yang berbeda juga bakal membantu kamu merasakan pengalaman baru. Sebagai contoh, di saat kamu diundang untuk hadir di acara pernikahan teman yang berasal dari Batak, kamu akan merasakan suasana pernikahan yang berbeda dari biasanya. Dengan pengalaman langsung seperti itu, pengetahuan Mizzi bakal lebih luas, lho!

Melatih agar lebih open-minded

Perbedaan bakal membuatmu menyadari bahwa pola pikir setiap orang nggak sama. Nggak semua orang memiliki pemikiran sepertimu dan nggak semua orang mau menerima pemikiranmu. Ini bakal melatihmu untuk menjadi lebih open-minded. Menjadi seseorang yang open-minded adalah bekal yang bagus untuk menghadapi era globalisasi.

 

Ternyata, memiliki sahabat yang berasal dari ragam ras dan budaya berbeda nggak cuma seru, tapi juga banyak manfaatnya. Supaya hangout dengan sahabat makin seru, jangan lupa gunakan Izzi Moisturizing Gel Cologne dengan wangi buah-buahan yang menyegarkan dan tahan lama untuk menemani aktivitas kamu bareng sahabat baru sepanjang hari.

Get Izzi Get Together!

Website Security Test