Tips Menghindari Pelecehan Seksual di Tempat Umum

04 May 2017

Udah berusaha bersikap sebaik mungkin dan dandan sesopan mungkin, ada aja cowok ngisengin kita di jalan. Uuugh! Walau begitu, enggak ada salahnya berhati-hati agar terhindar dari tangan-tangan nakal itu. Ini dia tips menghindari pelecehan seksual di tempat umum.

 

Duduk dekat jendela

Kendaraan yang penuh sangat memungkinkan kita kena pelecehan. Apalagi kalau badan kita saling menempel. Susah banget menghindar dari gesekan atau tangan jail. Duduklah dekat jendela karena lebih aman. Kalau yang jail orang yang duduk di sebelah kita? Amati gerak-geriknya, kalau dia mulai duduk gelisah dan makin menempel dengan kita, segera pindah duduk. Lebih baik berdiri dari pada duduk dekat dia.

 

Ekspresi lurus

Kadang cowok iseng itu gerak-geraknya udah keliatan dari kejauhan. Saat bergerombol, mereka jadi sedikit kasak-kusuk dengan teman-temannya. Saat melewati mereka dan terdengar komentar jail, pasanglah poker face atau ekspresi lurus. Jangan terlihat sebal, marah apalagi sampai melabrak. Kalau mau nangis, tahan dulu aja ya. Semakin kita merespon, semakin mereka senang.

 

Pindah duduk

Posisi duduk kadang menentukan. Pilih tempat di tengah yang terlihat banyak orang. Pengganggu lebih suka melakukannya di tempat sepi. Kalau sampai mengganggu, kita bisa lapor pada sekuriti.

 

Jaga penampilan

Cewek dengan celana pendek, rok mini atau tank top tetap enggak berhak mengalami pelecehan seksual! Tapi kita tetap harus menjaga cara berpakaian agar mudah bergerak cepat di jalanan. Bawa selalu cardigan atau jaket.

 

Share it

Kalau kita jadi korban pelecehan jangan disimpan dalam hati, girls. Boleh kok nangis, bila itu membuat kita lega. Jangan sungkan bercerita pada orangtua atau teman. Percaya deh banyak cewek pernah mengalami itu. Kalau pelecehan itu terlalu sampai bikin kita trauma dan takut keluar rumah,ada baiknya berkonsultasi pada psikolog untuk menyembuhkan trauma itu.