Tips Memilih sekolah

04 May 2017

Masuk pertengah tahun seperti ini, biasanya sekolah-sekolah sudah mulai membuka pendaftaran untuk tahun ajaran baru. Saatnya Mizzi memilih sekolah lanjutan untuk merpersiapkan kita menuju masa depan, kalau kamu masih bingung mau memilih sekolah seperti apa, beberapa hal di bawah ini mungkin bisa jadi bahan pertimbanganmu, Mizzi. Tapi, jangan memilih sekolah sembarangan kalau kamu nggak mau menyesal di akhirnya.

Biasanya, kita memilih sekolah karena mengikuti teman, atau karena sekolah itu punya reputasi keren. Sebenarnya hal itu sah-sah aja sih, tapi kita juga harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut;

 

  1. Tentukan sekolah yang diinginkan.

Siapa sih yang nggak mau bersekolah dengan reputasi unggulan, mempunyai pengajar yang berbobot, sering mengikuti kejuaraan olimpiade dan memiliki siswa-siswi yang asik. Karena dengan memilih sekolah yang masuk kategori unggulan, kemungkinan besar kita akan mendapatkan ilmu dengan cara yang lebih baik. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan masuk universitas yang juga memiliki kualitas bagus.

 

  1. Cari tahu ekstrakulikuler yang dapat menunjang kemampuanmu.

Biasanya sekolah unggulan juga memiliki ekskul-ekskul yang keren dan bervariasi untuk memudahkan kita menggali bakat yang dimiliki untuk memberikan kamu pengalaman lebih dari tingkat sekolah sebelumnya. Misalnya, Mizzi bisa mengikuti ekskul menjahit atau memasak. Habis itu, kamu bisa mencari pemasukan tambahan dari kreasi jahitan atau makanan buatan kita yang dijual ke teman-temanmu sendiri. Seru kan?!

 

  1. Tanyakan persetujuan orangtua.

Nilai UN udah yakin bagus dan kamu merasa bisa mendapatkan sekolah unggulan, tapi kedua orang tua-mu nggak setuju karena sekolahnya terlalu jauh dari rumah? Hmm, hal ini juga harus diperhatikan nih Mizzi. Sekolah terlalu jauh bisa membuat kamu lelah, dan bisa jadi prestasi belajar jadi menurun. Kamu nggak mau dong melawan orang tua? Coba deh dengerin nasihat mereka, karena biasanya orang tua pasti tahu apa yang terbaik buat kita :)