enam langkah membaca cepat

04 May 2017

Ada setumpuk buku pelajaran yang harus dipelajari dengan cepat. Salah satu rahasia sukses belajar, ya kita harus bisa membaca dengan cepat. Ikuti langkah-langkah ini.

 

Gerakan mata

Semakin cepat mata bergerak dari kiri ke kanan, semakin banyak kata yang diserap. Misalnya pada kalimat : ‘ Bulan September adalah bulan kesembilan dari dua belas bulan.’ Kadang mata berhenti di kata ‘bulan’ sebelum lanjut di kata ‘September’. Ada jeda pada setiap kalimat.Sebaiknya, mata terus bergerak dengan mulus tanpa jeda ditiap katanya. Caranya? Luaskan pandangan mata. Begitu mata tiba di ujung satu kata, luaskan pandangan mata pada kata disampingnya sehingga tidak ada kesempatan berhenti.

 

Preview buku

Ketika akan membaca buku, kita harus tahu apa isi singkat buku ini. Baca dua paragraph pertama dengan lengkap. Setelah itu, loncat ke paragraf berikutnya dan cukup baca kalimat pertamanya. Kalau dirasa enggak nyambung dengan paragraf sebelumnya, langsung loncat ke paragraf berikutnya dan seterusnya. Stabilo bagian yang penting. Enggak perlu baca seluruh buku ,kadang hanya satu atau dua bab saja yang kita butuhkan.

 

Skim

Ini adalah teknik menarik kata. Anggap mata sebagai magnet yang memilih kata mana yang menarik. Cari yang catchy. Pertama, baca dulu judulnya, lalu loncat ke kalimat pembuka yang menjelaskan singkat isi buku. Setelah itu baca dari atas ke bawah. Bayangkan seperti kita sedang lari naik turun tangga dengan menggunakan mata. Berhenti dan membaca dengan pelan pada kalimat-kalimat yang nyambung dengan judul dan kata pembuka saja.

 

Tangan sebagai panduan

Saat membaca gunakan tangan atau mouse komputer untuk memandu kalimat yang sedang dibaca. Usahakan mata kita bergerak membaca sama cepatnya dengan gerakan tangan.

 

Jangan ngomong atau membaca dalam hati

Membaca dalam hati dan membaca dengan keras-keras akan memperlambat kecepatan baca kita. Otak kita bisa menyerap kalimat 100 kata dalam 5 detik, tapi kalau membaca dalam hati, otak bekerja lima kali lebih lambat.

 

Latihan

Membaca cepat jelas butuh latihan. Luangkan waktu sekitar satu jam setiap hari untuk latihan membaca.