Anti stress berkat bernafas dengan baik dan benar

04 May 2017

Kadang kita sering stress dan cepat marah. Untuk terhindar dari hal seperti ini, enggak ada salahnya kita memperbaiki cara bernafas kita.

 

Bernapas dengan benar enggak hanya menghindarkan kita dari stres. Ternyata, bernapas dengan benar juga bisa membantu mengontrol tindakan lho, girls.

 

 

 

Hal sederhana yang biasa dilakukan setiap hari bisa mengubah perilaku, lho. Salah satunya adalah bernapas. Mungkin selama ini kita enggak pernah berpikir apakah cara bernapas kita sudah benar atau belum.

 

Beberapa peneliti dari University of California baru saja melakukan penelitian tentang hubungan bernapas dengan prilaku. Menurut Dara Ghahremani, asisten peneliti di Department of psychiatry at the Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior UCLA, remaja yang enggak melakukan pernapasan dengan benar cenderung bersikap lebih impulsif dan susah mengontrol diri.

 

Dibanding sistem lain dalam tubuh seperti jantung, pencernaan, hormon, atau kelenjar, pernapasan cenderung lebih mudah dikontrol. “Dengan mengubah tingkat dan pola pernapasan, kita bisa mengubah pesan yang disampaikan ke otak. Lebih jauh lagi, dengan mengubah pola pernapasan ini, tubuh otomatis akan mengirimkan pesan khusus melalui bahasa tubuh atau kode yang refleks dikeluarkan dalam keadaan tertentu,” ujar Richard P. Brown, M.D, penulis buku The Healing Power of the Breath.

 

Contohnya, ketika pengin mendapatkan sesuatu, kita bisa menahan diri agar enggak impulsif dengan mengontrol pernapasan. Soalnya, bernapas dengan tenang dan teratur akan memberi ruang bagi otak untuk berpikir lebih lama. Jadi, enggak hanya mengandalkan emosi aja ketika mengambil keputusan.

 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan ada dengan deep breathing. Cara yang diperkenalkan oleh Richard P Brown ini penting banget untuk menghindarkan kita dari rasa panik dan cemas yang berlebihan karena menstimulasi parasympathetic nervous system yang bertanggung jawab dalam menimbulkan rasa ingin beristirahat. Deep breathing ini sederhana banget, kita tinggal menarik nafas dalam-dalam secara perlahan sehingga jumlah oksigen yang masuk ke dalam otak lebih banyak dan memberikan efek menenangkan.