Sejarah Dibalik Hari Perempuan Internasional

04 May 2017

Mizzi, tahu gak kalau Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya? Ini merupakan hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik, dan sosial. Nah, biar Mizzi tahu sejarah dibalik Hari Perempuan Internasional, bisa baca selengkapnya di artikel ini.

 

Dari dulu gerakan emansipasi perempuan memang sudah ada, Mizzi. Sebelum ada gerakan tersebut, perempuan tidak memiliki hak seperti sekarang. Mulai dari gak boleh sekolah tinggi sampai gak punya hak memilih dalam pemilu. Semua ini berawal dari tanggal 8 Maret tahun 1857 ketika pekerja perempuan dari pabrik tekstil berunjuk rasa di kota New York. Protes dilakukan karena kondisi kerja yang buruk dan upah yang kecil. Namun protes ini dibubarkan polisi dengan kekerasan, hingga akhirnya tahun 1975 PBB mengesahkan 8 Maret  diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional.

 

Banyak sekali peristiwa historis tentang emansipasi wanita dalam memperjuangkan hak kita nih, Mizzi. Sebagai kaum muda, kita sudah tinggal menikmati hasil perjuangan mereka, jadi jangan disia-siakan ya! Kamu bisa meneruskan emansipasi sebagai perempuan yang berguna bagi keluarga dan bangsa. Gunakan hak-hak yang kita dapat sekarang dengan bijak. Setuju, Mizzi?