5 Pikiran Negatif Yang Harus Kita Buang!

04 May 2017

Kita pasti punya kekurangan yang bisa membuat kita merasa down atau enggak pede. Tapi sebenarnya hal ini bisa jadi cuma pikiran negatif yang harus kita buang jauh-jauh. Soalnya kalau dipikirkan terus, 5 pikiran negatif ini justru bisa membuat masa depan kita jadi suram. Duh!

 

“Aku enggak menarik”

Menarik atau enggaknya seseorang juga ditentukan oleh sifatnya. Percuma cantik, tapi sifatnya buruk. Dan ingat, kalau kita pasti punya kelebihan baik sifat atau fisik, misalnya mata atau senyuman yang cantik. Jadi fokuslah pada hal itu. Kekurangan fisik bisa diakali dengan merawat tubuh dan wajah secara rutin dengan tips yang murah meriah, serta dengan berpakaian yang sesuai dengan bentuk tubuh kita agar bisa menutupi kekurangan dan menonjolkan kelebihan.

 

“Aku enggak pintar”

Pikiran negatif yang harus kita buang adalah merasa jadi orang paling bodoh. Kita bisa lho jadi lebih pintar asal rajin dan punya kemauan untuk belajar. Rasanya enggak mungkin prestasi akademis kita enggak meningkat. Tapi enggak perlu memaksakan apalagi sampai stres. Kalau memang selalu mentok di bidang akademis, cari tahu bidang lain yang kita sukai, misalnya seni atau olahraga. Gali potensi kita di situ dan kuasailah. Berprestasi di bidang lain selain akademis juga keren kok!

 

“Aku enggak punya bakat”

Asal punya kemauan untuk bekerja keras dan berlatih, potensi kita akan makin tumbuh dan makin jago hingga akhirnya sukses di bidang yang kita tekuni. Di usia sekarang, kita mungkin belum sadar bakat atau kelebihan kita, makanya harus banyak mencoba hal baru. Jangan takut gagal, teruslah mencoba sampai menemukan bidang yang cocok.

 

“Aku enggak punya teman"

Perluas pertemanan dengan ikut ekskul, klub atau komunitas baru dan coba untuk lebih terbuka juga berani mengajak kenalan atau berteman duluan. Soalnya kita cenderung lebih mudah akrab dengan orang-orang yang punya minat sama. Pertemanan enggak bisa diukur dari jumlah. Meski sedikit atau bahkan satu orang, yang penting kita punya teman yang tulus dan mau diajak berbagi saat susah. Makanya kita juga harus jadi teman yang baik bagi orang lain. Jaga perasaan dan kepercayaan teman kita.

 

“Aku enggak kaya”

Terakhir, pikiran negatif yang harus kita buang adalah merasa rendah diri karena materi atau kekayaan. Intinya, jangan selalu membandingkan diri dengan teman yang punya materi lebih, yang penting pintar-pintar mengakali. Misalnya enggak mesti beli pakaian bermerk yang mahal, tapi coba lebih kreatif dengan mix & match pakaian. Atau melakukan tips perawatan tubuh yang murah meriah secara DIY di rumah agar hemat. Biar tambah pede, tingkatkan kualitas diri kita dengan berprestasi, memperkaya diri dengan wawasan dan supel dalam bergaul.