Yuk, Jadi Teman Curhat yang Baik dengan 5 Tips Ini!

12 June 2018

Dear Mizzi, menjadi teman curhat yang baik buat sahabat-sahabat kamu tentu tidaklah semudah yang pernah kamu bayangkan. Apalagi jika teman sedang berada dalam keadaan yang sulit dan ingin menyampaikan keluh kesahnya. Nah, supaya kamu bisa menjadi teman curhat yang baik, yuk ketahui apa saja yang perlu dilakukan saat ada temanmu yang curhat!

Selalu luangkan waktu

Hubungan pertemanan yang baik tak cukup dilihat hanya dari berapa lama kalian saling mengenal, tetapi justru seberapa banyak kamu meluangkan waktu untuk sahabat-sahabat terbaikmu. Di sela-sela aktivitas sekolah, les, dan kegiatan ekstrakulikuler, cobalah untuk selalu meluangkan waktu 20 – 30 menit untuk mendengarkan cerita- dari mereka.

Pastikan kamu selalu menjaga konsentrasi untuk bisa memahami dengan baik apa yang disampaikan oleh sahabatmu. Tak hanya membuat sahabat merasa dihargai, hal ini juga bisa memudahkan kamu untuk memberikan masukan atau pendapat yang sesuai nantinya.

Dengarkan sampai selesai

Sebagai teman curhat yang baik, kamu harus bisa menahan rasa ingin tahu ketika sahabatmu belum selesai bercerita. Simpan pertanyaanmu dalam hati dan tanyakan nanti saat cerita sudah selesai. Begitu pun halnya bila ada saran yang ingin kamu sampaikan. Pasalnya, jika kamu memotong curahan hatinya di tengah-tengah cerita justru akan membuatnya merasa tidak nyaman. Jadi, mulai sekarang biasakan untuk tidak memotong pembicaraannya, ya!

Jangan mendikte!

Mizzi, maksud kamu memang baik untuk memberikan nasihat. Namun, jika kamu tidak mengatur pola dan nada bicara, salah-salah,  nasihatmu justru terdengar seperti mendikte. That’s why, setelah mendengarkan ceritanya sampai selesai, kamu bisa memberikan saran dengan hati-hati. Jika kamu belum bisa memahami masalah yang ia hadapi, tak perlu memaksakan diri untuk memberikan saran ataupun solusi. Cukup tunjukkan rasa empati yang tulus untuk sahabat kamu. Misalnya dengan sebuah rangkulan hangat atau perkataan lembut “aku mengerti perasaanmu / situasimu”.

Berikan semangat

Meskipun terdengar basa-basi, tapi kamu perlu mencoba untuk memberikan semangat untuk mereka yang tengah menghadapi masalah sulit. Tapi, kamu perlu berhati-hati saat memberikan semangat. Pilih kata-kata yang tepat sehingga sahabatmu tidak akan mengira kamu meremehkan masalah yang harus ia hadapi. Alih-alih mengucapkan, “Tenang saja”, lebih baik katakan, “Aku tahu ini berat, tapi aku yakin, kamu pasti bisa kok melewati semuanya”.

Keep it secret!

Last but of course not least, kamu harus menjaga rahasia sahabatmu dengan baik. Ingat, mereka yang sudah memilih untuk bercerita denganmu berarti mempercayai kamu sebagai pendengar yang baik dan dapat menyimpan rahasia. Jadi, jangan sampai kamu mengecewakan sahabat-sahabatmu dengan menceritakan rahasianya kepada orang lain. Apalagi jika curhatannya itu merupakan rahasia kehidupan pribadi dan tentang keluarganya.

Nah, untuk jadi teman curhat yang baik ternyata gampang banget, kan? Teman curhat yang setia itu memang tidak mudah didapatkan. Kalau sudah punya satu, kamu wajib menjaga hubungan yang baik dengan dia. Di momen lebaran ini, kamu bisa memberikan sedikit nasihat tentang pentingnya silahturahmi jika ada sahabat kamu yang sedang marahan.

Biar suasana curhatmu jadi lebih nyaman, jangan lupa selalu bawa Izzi Fine Fragrance Mist Dear Diary yang praktis dibawa kemana saja, termasuk saat ke sekolah atau hangout ke mal. Dengan aroma Beries, Lemon dan bunga Lily yang segar tentu akan membuat kamu lebih percaya diri berada dekat dengan sahabatmu. Bahkan kamu juga bisa berbagi parfum Izzi Fine Fragrance Mist-mu dengannya.

Get Izzi Get Together!

Website Security Test