Saat Sahabat Gak Mau Diajak Kerja Kelompok, Harus Gimana?

13 December 2017

Mizzi, kamu pasti pernah dong kerja kelompok bareng besties? Faktanya, kerja kelompok dapat mempermudah kamu dalam mengerjakan tugas-tugas di Sekolah, lho. Biasanya di dalam setiap kelompok pasti ada orang-orang dengan karakter yang berbeda-beda. Ada yang malas ada juga yang rajin. Memilki teman yang malas untuk berkontribusi di dalam suatu kelompok, memang sangat merugikan kamu dan kelompok karena dapat menghambat tugas yang sedang kita kerjakan. Nah, sekarang kamu tidak usah khawatir Mizzi, di sini kamu akan temukan solusi untuk menghadapi besties yang malas ketika sedang kerja kelompok.

1. Membuat Kesepakatan

Sejak awal pastikan kamu membuat kesepakatan sama teman-teman kelompok kamu. Misalnya dengan membagi-bagi tugas untuk mengumpulkan data tugas yang sedang kalian kerjakan. Jelaskan ke teman-teman kamu kalau tugas kelompok harus dikerjakan bersama dan tiap individu memiliki tanggung jawab masing-masing.


2. Membagi Tugas dengan Baik

Setelah membuat kesepakatan, jangan lupa untuk membagi tugas. Pastikan kamu membagi tugas kelompok dengan baik dan adil ya Mizzi, sesuai dengan kemampuan teman kamu. Keahlian untuk mengatur, mengorganisir, baik waktu dan tugas sangat dibutuhkan agar tugas kalian dapat diselesaikan tepat waktu.

 

3. Menentukan Waktu dan Tempat untuk Mengerjakan Bareng.

Sebenarnya ada beberapa cara agar tugas dapat diselesaikan tepat waktu, misalnya jika itu adalah tugas membuat makalah, tinggal dibagi tugas lalu dikerjakan sendiri-sendiri sampai batas waktu yang ditentukan bersama. Jika sudah selesai, baru digabungkan menjadi satu dan dikumpulkan.  Setelah itu, baru deh kamu menentukan waktu dan tempat untuk menggabungkan tugas kelompok secara bersama. Pastikan teman-teman kelompok kamu memiliki waktu yang pas juga ya, Mizzi.

Itu dia Mizzi beberapa solusi untuk menghadapi besties kamu yang malas dalam mengerjakan tugas kelompok. Kalau masih ada yang gak mau dan masih ada yang malas, kamu bilang saja Mizzi kepada guru kamu atau coret namanya dari kelompokmu.